Pengabdian di Perbatasan, Satgas Yonif 122/TS Berikan Tenaga Didik Kepada Anak-anak SD Kampung Banda Papua

SuaraOne Keerom Papua –Selain melaksanakan pengamanan dan pertahanan di wilayah perbatasan Negara, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS juga melaksanakan tugas tambahan di bidang teritorial, seperti yang dilaksanakan Pos Waris juga turut mengabdi di bidang pendidikan dengan membantu memberikan Tenaga Didik (Gadik) mengajar siswa-siswi SD Inpres YPPK Kanandega, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu, (23/01/2024).

Kesempatan tersebut Danpos Waris Letda Inf Hasan Basri Sipahutar mengatakan kepedulian Satgas Pamtas salah satunya adalah untuk membentuk generasi penerus bangsa di pedalaman RI-PNG yang memang mengalami kekurangan tenaga pengajar “selain itu juga adapun tujuan ldalam mengajar tersebut dapat membantu meningkatkan motivasi dan semangat belajar generasi muda di perbatasan RI-PNG guna meraih cita-cita ke depan.

Baca Juga:  Kapolsek Sabbangparu Polres Wajo bersama Camat dan Danramil Tinjau Kantor Sekretariat PPK

“Mengingat pendidikan adalah instrumen yang sangat penting, dan para anak-anak di perbatasan yang menghadapi berbagai keterbatasan dalam menimba ilmu pendidikan formal, sehingga kehadiran anggota Satgas Pamtas ini, dapat membantu pendistribusian mata pelajaran umum pada murid-murid di SD Inpres Sawiyatami,” ungkap Danpos Waris.

Pada kesempatan tersebut, Sebelum memulai pelajaran yaitu materi membaca dan pengetahuan Pancasila personel Satgas mengarahkan sekaligus membantu anak-anak sekolah membersihkan ruangan kelas agar tetap bersih dan nyaman ketika belajar.

Dalam kegiatan tersebut, dipimpin oleh Serda Tomi Sinaga beserta 10 anggota Pos Waris menjadi tenaga pendidik (Gadik) di SD Inpres Sawiyatami, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua.

Baca Juga:  Police Goes To School, Kasat Lantas Polres Wajo Sampaikan Pelanggaran Prioritas Ops Zebra Pallawa 2023

Disela kegiatan mengajar, Serda Tomi menyampaikan bahwa antusias anak-anak tampak semangat dalam mengikuti pelajaran terlihat dari keakraban anak-anak bersama anggota Pos Sawiyatami.

“Kami berharap semoga kehadiran anggota Satgas Pamtas Yonif 122/TS melalui Pos Sawiyatami untuk menjadi tenaga pengajar di sekolah tersebut sebagai bentuk kepedulian dalam mencerdaskan anak-anak di wilayah perbatasan dan dapat meningkatkan motivasi belajar dalam mengikuti pelajaran di sekolah, sehingga apa yang di cita-citakan dapat tercapai,” Ungkapnya.

Merespon apa yang dilakukan oleh Prajurit TNI, salah satu Guru SD Waris Bapak Opanus (56) menyampaikan, terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif 122/TS Pos Sawiyatami, karena sudah mau membantu mengajar siswa-siswi di sekolah.

Baca Juga:  Pos Mangkau Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 16/TK Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat

“Kami sangat bangga dan berterima kasih karena kehadiran Bapak-bapak TNI tidak hanya bertugas menjaga perbatasan, tetapi juga membantu mencerdaskan generasi muda di perbatasan RI-PNG,”ucapnya.

(Yonif 122)
Editor_R.bust