Polres Luwu Utara Gelar Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 Dalam Rangka Pemilu Tahun 2024

SuaraOne Lutra Sulsel— Menjelang pelaksanaan Pesta Demokrasi Bagi Bangsa Indonesia, Polres Luwu Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Mantap Brata 2023-2024.” Senin (09/10/2023).

Kegiatan Rakor Lintas Sektoral yang dilaksanakan di Aula Sarja Arya Racana Polres Luwu Utara dalam rangka melaksanakan pengamanan Pemilu Tahun 2024 dengan damai di wilayah hukum Polres Luwu Utara.

Dalam Rakor tersebut Kapolres Luwu AKBP Galih Indragiri, S.IK mengucapkan terima kasih kepada para peserta undangan, dimana dilaksanakannya rapat kordinasi lintas sektoral ini mengingat dalam waktu dekat negara kita akan melaksanakan pesta rakyat Pemilu 2023-2024. Rakor ini sebagai wadah untuk melaksanakan musyawarah antara lintas sektoral untuk menemukan kesepakatan dalam mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif pada saat berlangsungnya Pemilu, dengan harapan agar lintas sektoral dapat bekerjasama dengan Polres Luwu Utara.
“Kami sudah memerintahkan jajaran seluruh anggota Polri, wajib menjaga Netralitasnya pada saat berlangsungnya Pemilu,” tegas Kapolres.

Baca Juga:  Minggu Kasih Polres Luwu Utara: Sinergi Kepolisian dan Masyarakat Untuk Pemilu Damai

Ditambahkannya juga adapun tujuannya yaitu Menyatukan persepsi antar unsur Pemerintah, Pengamanan, Penyelenggara Pemilu dan unsur terkait lainnya serta Memantapkan sinergitas agar tercipta Pemilu 2024 yg Kondusif, Aman, Damai, Jujur dan Adil.

Selain itu ada beberapa Pedoman Pelaksanaan Tugas yang disampaikannya AKBP Galih diantaranya :
1. Penyelenggara Pemilu (KPU, BAWASLU) menjadi wasit yang netral
2. Netralitas Personel TNI-POLRI mampu menangani potensi kerawanan pemilu
3. Menghadapi berbagai isi hoax dalam pemilu dan antisipasi konflik horisontal
4. Kesiapan aparat penyelenggara pemilu
5. Mewujudkan pemilu damai dan stabilitas kamtibmas tetap terjaga
6. Lakukan langkah pendekatan pada parpol dan pendukung agar mematuhi peraturan yang ada khususnya dalam penyampaian pendapat dimuka umum
7. Lakukan silaturahmi pendekatan dan penggalangan kepada rekan-rekan media
8. Lakukan himbauan melalui media sosial untuk mendinginkan suasana
9. Mengajak para tokoh untuk menyampaikan isu kebersamaan demi pemilu aman damai dan sejuk
10. Terus lakukan koordinasi secara berjenjang untuk menyamakan persepsi dan komitmen
11. Terus bangun sinergitas dan kekompakan TNI-POLRI sampai dengan di tingkat bawah.

Baca Juga:  Operasi Zebra Pallawa 2023,Polres Luwu Utara Bagikan Helm dan Cokelat Gratis

Sementara Kaban Kesbangpol Luwu Utara Abd. Hakim Bukkara, SH,MH yang mewakili Bupati Luwu Utara menyampaikan bahwa Pemkab. Luwu Utara siap bekerjasama dengan TNI-Polri dan juga siap mendukung Polri dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam Rangka mengamankan Pemilu di Kab. Luwu Utara Sehingga nantinya mulai dari tahap awal sampai dengan selesainya Pengamanan Pemilu di Kab. Luwu Utara dapat berlangsung dengan aman, tertib serta situasi Kamtibmas tetap kondusif.

Dalam Rakor tersebut, adapun undangan yang hadir yaitu Ketua DPRD Luwu Utara Drs. BASIR, Kaban Kesbangpol mewakili Bupati Luwu Utara ABD. HAKIM BUKARA, SH., MH, Pabung Luwu Utara mewakili Dandim 1403 PalopovKAPTEN CBA. MARTHEN LUTHER, Ketua Pengadilan Negri Masamba ANDI MUSYAFIR, SH, Danyon D Brimob Polda Sulsel KOMPOL MUH. AGUS, SH., MH, Wakapolres Luwu Utara KOMPOL MUH. RIFAI, S.Pd, Komisioner KPU Koordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM MAHLISA, Staf Bawaslu Kab. Luwu Utara EBIT, S.An dan MUH. RUDI ACHIRUDDIN, S.Psi, Para PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Luwu Utara.
Fhat___