Warga Belawa Dihebohkan Penemuan Gas Dialiran Pompanisasi Disertai Nyala Api Viral Di Sosmed ,Ini Penjelasan Kapolsek Belawa

SuaraOne Wajo Sulsel—Sepekan ini warga Kecamatan Belawa,Kabupaten Wajo ,Provinsi Sulawesi Selatan dihebohkan adanya penemuan gas dialiran pompanisasi persawahan warga.

Dalam sebuah video yang beredar di sosial media sejak 13 Maret 2024 lalu,nampak terlihat semburan air keluar dari pipa pompanisasi disertai nyala api.Dimana warga menyatakan dalam video tersebut ditemukan gas didesa Leppangeng,Kecamatan Belawa.

“Ditemukan,ditemukan air dan api berarti ada gas.Gas,gas ditemukan gas di Belawa,Desa Leppangeng ,”kata warga dalam video tersebut,nampak nyala air jelas karena malam hari.

Keterangan gambar: Kapolsek Belawa AKP Ramli bersama personil Polsek Belawa melakukan pengecekan dan penelusuran terkait ada gas di pompanisasi warga pada malam hari 15/3/2024 dan siang hari di paopance Desa leppangeng,Kecamatan Belawa,Kabupaten Wajo
Keterangan gambar: Kapolsek Belawa AKP Ramli bersama personil Polsek Belawa melakukan pengecekan dan penelusuran terkait ada gas di pompanisasi warga pada malam hari 15/3/2024 dan siang hari di paopance Desa leppangeng,Kecamatan Belawa,Kabupaten Wajo

Kapolsek Belawa AKP Ramli saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya telah melakukan penelusuran kebenaran hal tersebut.

Baca Juga:  Gus Muhdlor Gelar Open House,Ribuan Warga Sidoarjo Santap Makan Gratis

“Menindak lanjuti berita di sosial media tentang dugaan adanya gas di saluran pompanisasi persawahan di Paplance, Desa Leppangeng, Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo .
Menurut keterangan warga hal tersebut sudah berlangsung lama yang kemudian baru di viralkan oleh salah seorang warga,”ujar AKP Ramli melalui sambungan telpon Minggu 17/3/2024.

Saat kami cek dilokasi,memang benar berada dilokasi persawahan pompanisasi milik warga bernama Haji Sire warga Paopance desa Leppangeng.Pompanisasi ini mengairi sawah warga.

“Dilaporkan bahwa situasi diatas pompanisasi betul betul api menyala,airnya sementara keluar dari pompa melalui pipa besar setelah disulut dengan api benar benar menyala,betul -betul menyala air keluar dari pompanisasi ,”ungkap Kapolsek Belawa saat mengunjungi lokasi tersebut Jumat Malam 15 Maret 2024 pukul 20.00 wita yang direkam personil Polsek Belawa untuk dokumentasi video.

Baca Juga:  Kapolsek Belawa Polres Wajo Gelar Patroli di Obyek Vital dan Sambangi Pekerja Jembatan

Pompanisasi untuk mengairi persawaham warga tersebut diduga mengeluarkan gas biogenik,”ujarnya lebih lanjut.

Ditanya apa hal ini tidak membahayakan warga dan tanaman padi persawahan tersebut.Kapolsek Belawa AKP Ramli menyampaikan itu kewenangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kami dari Polsek Belawa ,Polres Wajo mengamankan lokasi tersebut.

Hingga saat ini di lakukan penutupan sementara,untuk menjaga hal yang tidak di inginkan . Yang selanjutnya di laporkan ke pada pimpinan untuk menurunkan Tim penelitian di wilayah tersebut,”tutupnya .

laporan/sumber polsekbelawa
red /rbust
Editor_R.bust