Menyambangi Mapolres Musi Rawas, Kapolda Sumsel Sampaikan Tiga Hal Penting Pada Personil

SuaraOne Musi Rawas Sumsel—Untuk kedua kalinya Kapolda Sumsel, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK, menyambangi Mapolres Musi Rawas (Mura), beserta PJU Polda Sumsel, untuk melakukan Kunjungan Kerja (Kunker).

Kunker, Jendral Bintang Dua ini, tiba di Bumi “Lan Serasan Sekentenan”, melalui udara, menggunakan Helikopter dan turun di Halipat Bundaran Agropolitan Center Pemkab Mura, sekitar pukul 13.00 WIB, Selasa (28/11/2023).

Saat mendarat, orang nomor satu di Polda Sumsel, disambut langsung, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Kabag Ops, AKP Tony Saputra SIK, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, Ketua DPRD Mura, Azandri, Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Kunto Adi Setiawan, Danyon Brimob B Pelopor Petanang, AKBP Andiyano SKM.

Nampak hadir juga dilokasi Halipat, Kasat Lantas, AKP Fitri Dwi Utami SIK, Kasat Narkoba, AKP Herman Junaidi, Kasat Intelkam, AKP Rudi Hartono beserta personel Polsek Muara Beliti.

Kemudian, saat melakukan kunker Mapolres Mura, disambut langsung, Wakapolres, Kompol Harsono SH, Kabag SDM, Kompol Edi Purnama Jaya, Kabag Ren, Kompol Nusirwan dan Kabag Logistik, Kompol Forliamzons.

Selain itu, Kapolsek Muara Beliti, AKP Elan Maruli Sitompul SH, Kapolsek Tugumulyo, Iptu Dedi Purnomo, Kapolsek Muara Lakitan, Iptu M Karim, Kapolsek Terawas, Iptu Fachrizal, Kapolsek Jayaloka, Iptu Purnama Sampe, Kapolsek Megang Sakti, Iptu Fauzan Aziman, Kapolsek BTS Ulu, Iptu Nopera, Kapolsek Muara Kelingi, Iptu Kosim, Kapolsek Purwodadi, Iptu Eryunik dan Kasi Humas, Iptu Herdiansyah.

Baca Juga:  Ketua LIDIK KRIMSUS RI Kalbar Sampaikan Visi Misi Lembaga Yang di Nahkodainya

Untuk diketahui, ada beberapa rangkaian kegiatan digulirkan, mulai dari, secara langsung resmikan sejumlah fasilitas pembangunan di Polres Musi Rawas, mulai dari peresemian lapangan Tennis Wicaksana Laghawa, Fasilitas Pagar, Gedung Penjagaan dan SPKT, Pos Lantas, serta Gedung SPKT Polsek Muara Lakitan.

Selain itu, juga memberikan penghargaan kepada para personel Satreskrim Polres Mura, yang telah berhasil mengungkap perkadang perampokan, sekaligus pemerkosaan diwilayah Kecamatan Tugumulyo, Polres Mura. Kemudian, juga memberikan perhatian sekaligus kepedulian berupa tali asih kepada korban perampokan.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, dalam arahannya, mengatakan bahwa kunker, ini merupakan kegiatan yang kelima yang saya lakukan dipolres jajaran.

“Dan, kegiatan ini merupakan dalam rangka pengecekan pengamanan tahapan Pemilu 2024, salah satunya di Polres Musi Rawas,” kata Kapolda Sumsel

Kapolda menjelaskan, dalam pelaksanaan kunker ini ada tiga hal yang akan saya sampaikan kepada personel Polres Mura, diantaranya, pertama yakni terkait dengan tahapan pemilu 2024, yang kedua dalam rangka untuk meningkatkan kembali keterkaitan tugas pokok kepolisian yang paling penting adalah pemerliharaan situasi keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Baca Juga:  Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

“Dan, ketiga, yang menggerakan saya datang ke Polres Musi Rawas, adalah terungkapnya perkara perampokan disertai pemerkosaan tentunya memberikan aspresiasi dan penghargaan kepada personel Satreskrim Polres Musi Rawas, namun tetap kiranya untuk meningkatkan kinerja khususnya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya

Usai memberi arahan kepada personel, Polres Mura, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK, dimintai keterangan insan pers, mengatakan bahwa, disini saya diberi kesempatan untuk meresmikan pembangunan yang merupakan hibah dari Pemda Mura.

“Diantaranya, peresemian lapangan Tennis Wicaksana Laghawa, Fasilitas Pagar, Gedung Penjagaan dan SPKT, Pos Lantas, serta Gedung SPKT Polsek Muara Lakitan, semoga dengan mudah-mudahan bantuan di bisa meningkatkan pelayanan seluruh personel Polres Mura, kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Mura,” kata Kapolda

Kapolda memaparkan, dan kemudian, saya juga mengingatkan bahwa hari ini awal dari tahapan kampanye, saya minta kepada seluruh anggota Polres Mura untuk jaga netralisasi, sesuai dengan arahan Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Mengenai hal itu, khususnya di Polres Mura, ada 14 keluarga personel Polres Mura, yang ikut berkompetisi sebagai calon legislatif, ada yang istrinya, ada yang orang tuanya, ada yang kakaknya, dan ada yang adiknya, untuk itu saya minta dilaksanakan secara demokratis dan tidak melibatkan personel polri.

Baca Juga:  Kapolres Luwu Utara AKBP Galih Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023

Baik secara langsung maupun secara tidak langsung dan tidak melibatkan kendaraan asesoris dinas, baik itu mobil dinas, maupun rumah pribadi, kiranya untuk dilaksanakan kegiatan ditempat yang netral.

Kemudian yang ketiga, saya mengapresiasi prestasi Satreskrim Polres Mura, yang telah beberapa hari lalu, berhasil mengungkap perkara perampokan dan pemerkosaan, yang secara pribadi dan umum cukup sadis. Maka dari itu, tadi saya memberi bantuan kepada korban, dan mungkin tidak bisa mengurangi penderitaan dia, baik fisik, materi, maupun psikologis.

Hal ini merupakan salah satu wujud untuk meningkatkan pelayanan kamtibmas dan peningkatan penegakan hukum dan untuk diketahui, ketiga tersangka yang sudah ditangkap sudah dilakukan tindakan tegas, lantaran melakukan perlawanan dan salah satu pelakunya, untuk terus dilakukan pengejaran.

“Dan, saya juga memberikan 16 personel Satreskrim Polres Mura, penghargaan, ini merupakan penghargaan yang diserahkan oleh saya sebagai Kapolda Sumsel, dan langsung di Polres Mura, sebagai wujud penghargaan dan prestasi, yang biasanya penghargaan dan prestasi biasanya kita panggil ke Polda Sumsel dan kali ini saya sendiri yang datang khusus memberikan penghargaan kepada personel,” tuturnya.(zaini/rls)