Pangdam I/BB Dampingi Kasad Tinjau Progres Pembangunan Rumdis Prajurit dan Rehab Kantor Koramil

SuaraOne Medan – Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan mendampingi Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, MSC, meninjau progres pembangunan rumdis (rumah dinas) prajurit dan rehab Kantor Koramil di jajaran Kodam I/Bukit Barisan, Selasa (13/2/2024).

Peninjauan diawali ke wilayah Kodim 0203/Langkat, Korem 022/PT. Di sini, Kasad meninjau progres rehab rumdis dua kopel sebanyak 4 KK yang pembangunannya secara swadaya dari Kodam I/BB.

Selanjutnya, Kasad meninjau pekerjaan swakelola rehab Kantor Koramil 0201-06/Medan Sunggal, Kodim 0201/Medan. Lalu meninjau pekerjaan swakelola rehab rumdis K-45 sebanyak 12 KK di Baterai B Yonarhanud 11/WBY, Desa Tj Selamat, Kecamatan Sunggal, serta terakhir meninjau rehab rumdis H-70 sebanyak 8 KK dan rumdis K-45 sebanyak 6 KK di Yonarmed 2/KS yang pembangunannya swadaya Kodam I/BB.

Kasad menjelaskan, pembangunan rumdis dan rehab Kantor Koramil ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan Prajurit TNI AD.

Baca Juga:  Polres Tanah Karo Grebek Cafe Remang Remang Desa Lau Pengulu,JS Pemilik Cafe Ikut Ditangkap

“Rencana kita di 2024 ini, setiap batalyon mendapatkan bantuan rehab sebesar Rp2 miliar untuk jenis kerusakan berat, sedang dan ringan. Begitu juga untuk Kantor Koramil, walau jumlahnya tidak seberapa. Tapi kita konsisten dan akan secara bertahap melakukannya untuk meningkatkan kesejahteraan kepada prajurit,” urai Kasad.

Kasad juga mengungkapkan, saat pihaknya sedang mengusulkan sejumlah rencana ke Komisi I DPR RI untuk tujuan peningkatkan kesejahteraan prajurit.

“Komunikasi kita (TNI AD) dengan Komisi I DPR RI sangat baik, dan tentunya kita berharap rencana-rencana tersebut bisa segera terealisasi,” pungkas Kasad.

Sementara, Pangdam I/BB menambahkan, untuk swadaya rehab Kantor Koramil di jajaran Kodam I/BB, ada lima Kantor Koramil yang kini sedang dikerjakan.

“Selain Kantor Koramil 0201-06/Medan Sunggal, Kodim 0201/Medan yang sudah ditinjau Kasad, juga ada empat Kantor Koramil lainnya di jajaran Kodam I/BB,” terang Mayjen Hasan.

Baca Juga:  Pangdam I/BB Pastikan 15.000 Prajurit TNI Siap Mengamankan dan Menyukseskan Pemilu 2024

Keempatnya berada di Koramil 0206-07/Salak, Kodim 0206/Dairi, Korem 023/KS, Koramil 0307-02/Lima Kaum, Kodim 0307/Tanah Datar, Korem 032/WBR, Koramil 0301-06/Sukajadi, Kodim 0301/Pekanbaru, Korem 031/WB, dan Koramil 0204-02/Kutalimbaru, Kodim 0204/Deliserdang, Korem 022/PT.

“Alhamdulillah saat ini pekerjaan rehab sedang berjalan. Khusus untuk rehab Kantor Koramil, pekerjaannya kita serahkan ke Kodimnya masing-masing,” terang Mayjen Hasan seraya mengucapkan terima kasih kepada Kasad atas bantuannya kepada Kodam I/BB.

Pengarahan kepada Prajurit

Usai mengecek program rehab rumdis prajurit dan Kantor Koramil, Kasad melanjutkan acara dengan memberi pengarahan kepada 3.540 Prajurit Kodam I/BB secara tatap muka dan daring.

Pemberian pengarahan secara tatap muka dilakukan di Markas Yonarmed 2/KS, Delitua, dengan diikuti tak kurang dari 2.000 Prajurit.

Sedangkan secara daring diikuti 1.540 prajurit yang tersebar di Makodam I/BB 600 orang, Korem 031/WB 110 orang, Korem 032/WBR 109 orang, Korem 033/WP 225 orang, Korem 022/PT 280 orang dan Korem 023/KS 216 orang.

Baca Juga:  Kapolda Sulsel Menerima Audiensi dan Silaturahmi Komandan Kosek II Beserta Rombongan

Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih kepada Kasad yang telah memberikan bimbingan, pengarahan dan petunjuk kepada Prajurit guna kesempurnaan tugas di masa-masa yang akan datang.

“Kunjungan Kasad ini tentunya memberikan semangat baru bagi kami semua, khususnya dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas-tugas ke depan,” pungkas Mayjen Hasan.

Hadir mendampingi Kasad, antara lain Asintel Kasad, Asops Kasad, Aster Kasad dan Kadispenad. Sedangkan Pangdam I/BB hadir bersama Kasdam, Irdam, Kapoksahli, para Danrem, para Asisten, para Pamen Ahli, LO TNI AL, LO TNI AU, serta para Kabalak dan para Dansat jajaran Kodam I/BB.

Sumber: Pendam I/BB
laporan_ doblank