Antisipasi Banjir Di Musim Penghujan, Kodim 1416/Muna Turun Tangan Bersih-Bersih Sungai

SuaraOne Muna Sultra — Kodim 1416/Muna dibawah pimpinan Komandan Kodim 1416/Muna Letkol Inf Gilles R. B Hogendorp, S.I.P yang didampingi oleh Pj Bupati Muna Bahcrun Labuta, M.Si, Polres Muna , serta Forkopimda Kabupaten Muna melaksanakan Karya Bakti yaitu melaksanakan pembersihan sepanjang sungai Butung-Butung Kota Raha yang dipenuhi sampah/limbah yang bertempat di Kelurahan Butung-Butung Kecamatan Katobu Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (8/12/2023).

Komandan Kodim 1416/Muna Gilles R.B Hogendorp, S.I.P pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan karya bakti pembersihan sungai ini merupakan perintah langsung dari Komando atas, mengingat ini memasuki musim penghujan jadi sampah-sampah di sungai maupun selokan dibersihkan bersama anggota stakeholder setempat bergotong-royong membersihkan sampah agar tidak terjadi Banjir atau meluapnya air akibat sampah”.

Baca Juga:  Minggu Kasih Polres Luwu Utara: Sinergi Kepolisian dan Masyarakat Untuk Pemilu Damai

Lebih lanjut Dandim mengatakan Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah, dan bau yang tidak sedap. Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah.

Selokan atau sungai adalah saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan/atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan.

Selokan memberi banyak manfaat contohnya adalah sebagai jalannya irigasi, sebagai saluran pembuagan air yang sudah dipergunakan oleh manusia dari berbagai aktifitas dan kegiatan sehari-hari, dan mampu mengantarkan air hujan yang turun menuju tempat yang lebih rendah ke penampungan air.

Baca Juga:  Kapolda Sulsel Tegaskan Jajarannya Untuk Netral Pada Pemilu 2024, HARGA MATI

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya selokan ini menjadikan masyarakat yang menyepelekan kebersihan selokan/Sungai dan penyebab yang akan dialaminya. Apabila ada masyarakat yang masih tidak peduli dengan kebersihan selokan seperti warga sekitar yang membuang sampah sembarangan sehingga menyumbat selokan yang menyebabkan kerusakan selokan yang ada disekitar lingkungan. Air yang ada diselokan terkadang juga meluap dan menyembabkan genangan yang akan terjadi dijalan yang menyebabkan kurang nyamannya kendaraan yang lewat dijalan tersebut.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pembersihan Sungai disekitar Rumah Sakit Kab. Muna bertujuan untuk mencegah terjadinya penyumbatan selokan yang akan menyebabkan meluapnya air.

Baca Juga:  Walau Panas Terik, Anggota Satgas TMMD 118 Kodim 1416/Muna Tetap Semangat Kerja

Langkah ini diambil untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya untuk membersihkan selokan dan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadinya banjir dan meluapnya air disekitar lingkungan.

(Pen)