Latpraops Mantap Brata, Kapolres Luwu Utara Ingatkan Netralitas Polri

SuaraOne Lutra Sulsel— Kepolisan Resor Luwu Utar Polda Sulawesi Selatan, Senin (09/10/2023) menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Brata di aula Sarja Arya Racana dalam rangka pemilihan umum (pemilu) tahun 2024.

Latpra Ops resmi dibuka oleh Kapolres Luwu Utara AKBP Galih Indragiri,S.I.K guna mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dalam arahannya, Kapolres mengatakan, latpra ops bertujuan sebagai pedoman bagi personel sebelum diterjunkan ke lapangan agar semua perencanaan telah dipersiapkan secara optimal.

“Pelaksanaan tahapan Pemilu sudah didepan mata, Polri dalam pemilu memiliki peran sangat strategis karena berada langsung di lapangan. Berkaca pada pemilu 2019, terdapat berbagai potensi kerawanan sehingga memerlukan perhatian serius untuk di antisipasi sejak dini,”jelasnya.

Baca Juga:  Persiapan Pam Pemilu, Waka Polres Wajo Pimpin Apel Pengecekan Personel

AKBP Galih menerangkan, berbagai potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa tindak pidana pemilu. Tidak hanya itu, termasuk tindak pidana umum bisa terjadi, yang harus dikelola dan ditangani secara profesional, transparan dan akuntabel. Ditekankan, jelang pemilu agar mempersiapkan yaitu, Siap Posko, Siap Latpra Ops, Siap Kondisi Kamtibmas, Siap Masyarakat, Siap Personel, Siap Sarpras, serta Siap Anggaran.

“Menyongsong agenda Politik tahun 2024 yakni Pemilihan Umum (Pemilu) secara serentak, pentingnya soliditas dan sinergitas antara TNI Polri untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut. Kita bukan superman yang bisa menyelesaikan segala persoalan dengan sendiri, lakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan instansi terkait,” tuturnya.

Baca Juga:  Polda Sulsel Jalin Silatuhrahim dengan Warga Biringkananya Lewat Minggu Kasih

Diakhir amanat Kapolres menegaskan, setiap personel agar komitmen dan jaga netralitas serta tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.
Fhat___