Kapolres Wajo Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

SuaraOne Wajo Sulsel — Kapolres Wajo AKBP H. Fatchur R, SH. M.H bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Upacara Mapolres Jl. Rusa Sengkang, Kel. Bulupabbulu, Kec. Tempe, Kab. Wajo. Minggu (1/10/2023).

Kegiatan upacara di awali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945, dan pembacaan naskah ikrar.

Adapun tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini adalah Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

Kapolres Wajo mengatakan bahwa, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia dan Peringatan ini tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI.

Baca Juga:  Kapolres Wajo Pimpin Upacara Pemeriksaan Kendaraan Kesiapan Operasi Mantap Brata 2023/2024

“Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam aksi G30S PKI pada 30 September 1965 oleh PKI. Korban G30S PKI tersebut terdiri dari 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD”, Ujarnya.

Dibalik kesaktian Pancasila, memiliki makna penting bahwa Pancasila adalah dasar Negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober diperingati karena ideologi Pancasila kembali dikuatkan oleh pemerintah pasca peristiwa G30S/PKI.

“Upacara ini dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme, Dengan upacara ini, kita maknai lagi nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila sebagai semangat untuk membangun bangsa”, Terang Kapolres. (San*)