Antisipasi Kebakaran Musim Kemarau, Babinsa Desa Kaluku Sampaikan Himbauan Kepada Warga

SuaraOne Wajo Sulsel–Mengantisipasi kebakaran saat musim kemarau, Babinsa Desa Kaluku, Kecamatan Pitumpanua Koramil 1406-10/Pitumpanua Kodim 1406/Wajo ,Sertu Nurdin memberikan himbauan dan peringatan kepada warga binaannya.

Himbauan yang disampaikan untuk tidak melakukan pembakaran lahan maupun sampah sembarangan karena potensi kebakaran saat musim kemarau sangat tinggi.

“Kepada warga desa Kaluku di sarangkan yang mau meninggalkan rumah baik dalam waktu yang lama atau sementara waktu seharusnya memeriksa keadaan rumah.Yakinkan rumah dalam keadaan aman, bila melaksakan pembakaran sampah tentunya jauh dari rumah atau pepohonan yang bisa menimbulkan hal yang kita tidak inginkan terjadi,” jelas Babinsa Minggu 03/09/2023.

Sebagai salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya kebakaran adalah dengan terus melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat melalui para Babinsa di wilayah binaannya.

Dalam komunikasinya bersama warga binaan, Babinsa menghimbau untuk tidak membakar sampah atau lahan sembarangan, karena dapat mengakibatkan kebakaran.

“Bapak-bapak, ini sudah masuk musim kemarau, apalagi bila angin kencang, tentunya rawan akan timbulnya kebakaran,” kata Sertu Nurdin mengawali pembicaraan.

Serda Nurdin melanjutkan, ” Bagi bapak-bapak yang bekerja di ladang, jangan membuka lahan dengan cara membakar, karena ini sangat berbahaya.

“Kalau sampai api membesar, apalagi disertai angin, nanti merembet dan tambah meluas sehingga susah untuk dipadamkan. Termasuk yang membakar sampah atau yang lainnya, tolong benar-benar ditunggu dan diawasi sampai aman,”terangnya.

Selain merugikan diri sendiri dan keluarga, juga dapat menimbulkan kabut asap yang bisa menganggu transportasi dan kesehatan. Asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan juga akan membuat polusi udara meningkat,” urai Babinsa kepada warga binaannya.

Dengan melakukan himbauan dan pengertian tentang bahaya akibat kebakaran terutama saat musim kemarau, Babinsa berharap tidak ada kebakaran lahan ataupun rumah di wilayah binaan terutama di wilayah Desa Kaluku Kecamatan Pitumpanua.

Laporan titien /editor_nbust