OPS Lilin 2023 Resmi Digelar Selama 12 Hari, Kapolres Luwu Utara Cek Kesiapan Personel

SuaraOne Lutra Sulsel—Sebanyak 170 personil gabungan siap amankan Ops Lilin tahun 2023 dalam rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Personil yang diturunkan terdiri dari 54 personil polres Luwu Utara, 12 personil TNI, 24 personil dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Senkom serta 8 Personil Pemadam Kebakaran yang akan ditempatkan di Dua Pos Pengamanan dan Satu Pos Pelayanan yang tersebar di 3 kecamatan.

Dalam amanat serentak Kapolri pada Apel Gelar Pasukan OPS Lilin 2023 yang digelar di Halaman Upacara Sarja Arya Racana, Kamis (21/12/2023) Kapolres Luwu Utara, AKBP Galih Indragiri menyebut ada sejumlah poin penting yang menjadi penekanan Presiden pada Ops Lilin tahun 2023. Diantaranya potensi pergerakan masyarakat yang meningkat dibanding pada tahun 2022 lalu terlebih perayaan NATARU juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu tahun 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Selain itu, Pengamanan ketat di setiap rumah ibadah yang melaksanakan ibadah natal, patroli rutin dan dialogis secara humanis untuk wujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama perayaan natal dan penjagaan di titik keramaian saat tahun baru menjadi perhatian khusus pada OPS Lilin yang akan digelar selama 12 hari hingg 2 januari 2024 mendatang.

“OPS Lilin tahun ini bertepatan dengan tahapan Pemilu, meski masuk di dalam zona hijau namun potensi kerawanan tetap harus diantasipasi. Tugas kita adalah memastikan kehadiran negara untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dalam setiap kegiatan ibadah masyarakat. 170 personil yang disebar di tiga pos nantinya tetap akan diperkuat oleh personil polres maupun polsek yang akan melakukan pengamanan di Gereja maupun titik keramaian saat tahun baru.” Ungkapnya usai memimpin langsung Apel Gelar Pasukan OPS Lilin tahun 2023.

Diketahui tercatat 185 gereja yang tersebar di 12 kecamatan dan 167 desa yang akan melaksanakan ibadah Natal tahun 2023. 3 pos yang didirikan masing-masing, 1 pos pelayanan tugu monumen masamba affair kecamatan masamba, 1 pos pengamanan di tugu durian kecamatan sabbang dan 1 pos pengamanan kecamatanan bone-bone.(*fhat)