Serius Tangani Narkoba, Pemkab Wajo Siapkan Lahan Untuk Pusat Penanganan Narkoba

Serius Tangani Narkoba, Pemkab Wajo Siapkan Lahan Untuk Pusat Penanganan Narkoba

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan Brigjen Pol Guruh Ahmad Fadiyanto melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wajo dalam rangka silaturahmi dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Wajo. Kunjungan jendral berbintang satu ini diterima langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Rabu (6/9/2023).

Saat menerima Kepala BNNP Sulsel bersama rombongan, Amran Mahmud didampingi jajaran Forkopimda, Anggota DPRD, Kepala OPD dan stakeholder, khususnya yang tergabung dalam BNK Wajo.

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan kunjungan Kepala BNN Propinsi Sulsel ini bernilai strategis. Selain untuk bersilaturahmi, juga sebagai upaya memperkuat sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Wajo khususnya dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di daerah ini.

Baca Juga:  Program Kitorang Bersaudara, Bentuk Kepedulian Satgas Yonif 122/TS Ciptakan Persaudaraan di Tanah Papua

Lebih lanjut, Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Wajo ini mengatakan Pemerintah Kabupaten Wajo berkomitmen membantu BNN Sulsel memberantas narkoba guna mewujudkan Sulsel sebagai daerah yang bersih dari narkoba.

“Untuk itu, berbagai upaya yang kami lakukan untuk mewujudkan Sulsel bersih narkoba diantaranya penyuluhan secara rutin di mesjid-mesjid pada empat belas kecamatan di Kabupaten Wajo, penyuluhan narkoba di seluruh SMU, penyuluhan di Lembaga Pemasyarakatan klas II B Wajo, dan pendekatan kepada keluarga agar bisa sevara terbuka untuk membujuk anggota keluarganya yang terdampak narkoba untuk direhabilitasi di BNN Sulsel, ” jelasnya.

Baca Juga:  Pemkab Wajo dan DPRD Wajo Sepakati Rancangan KUA PPAS Perubahan APBD

Meskipun, kata Amran Mahmud hingga saat ini di kabupaten Wajo setidaknya terdapat sekitar 280 warga binaan Lapas atau Rutan kelas IIB Sengkang yang terkait dengan kasus narkoba, begitu pula di Polres.

“Untuk memaksimalkan penanganan narkotika di kabupaten Wajo, kami berharap agar melalui kunjungan Kepala BNN Sulsel ini ada percepatan proses pembentukan BNK vertikal di kabupaten Wajo. Pemerintah Kabupaten Wajo saat ini menyiapkan lahan untuk dihibahkan ke BNN Sulsel sebagai tempat Pusat Penanganan Narkoba di daerah ini, ” kata Politisi PAN ini.

Sementara itu, Kepala BNN Sulsel Bigjen Pol Guruh Ahmad Fadiyanto mengatakan tujuannya berkunjung ke Wajo adalah untuk silaturahmi. “Kami menyampaikan apresiasi atas sambutan yang luar biasa dari Bapak Bupati bersama jajaran,” ucapnya.

Baca Juga:  Proyek Pengadaan Benih dan Pupuk TA 2022 di Dinas Perkebunan dan Peternakan Kubu Raya Dibidik Lidik Krimsus Kalbar, Ada Apa ?

Brigjen Pol Guruh Ahmad Fadiyanto menyebut pintu masuk narkoba ke Sulsel itu dari berbagai aspek. “Olehnya itu, dalam mewujudkan Sulsel bersih narkoba, saat ini BNN Sulsel melakukan pendekatan melalui Soft Power Approach ,Hard Power Approach, dan Smart Power Approach,” pungkasnya.
Nnti ssndy