Breaking News
Mengunyah Makan dengan Pelan Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan
Mengunyah Makan dengan Pelan Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan (sehatq.com)

Mengunyah Makan dengan Pelan Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan

Dalam kehidupan sehari-hari ternyata ada kebiasaan yang sangat baik yang tidak kita sadari manfaatnya. Salah satu kebiasaan yang jarang kita perhatikan ini ternyata mampu membuat dampak berat badan bisa berkurang. Kebiasaan itu adalah mengunyah makanan dengan perlahan.

 

Menurut penelitian, mengunyah makanan dengan perlahan dapat meningkatkan kepekaan dan kepuasan pada indra perasa. Dengan kepuasan yang dirasakan oleh indra perasa kita dan lebih kuat maka hal itu menyebabkan  memperlambatnya system pencernaan dalam menyerap kalori makanan. Sebanyak 200 orang dewasa dengan berat badan berlebih dilibatkan dalam penelitian ini. mereka semua dikhususkan untuk melakukan diet sesuai aturan dan olahraga.

 

Separuh kelompok dilibatkan ke dalam program diet biasa, dan separuhnya lagi dilibatkan dengan program “mindful eating (mengunyah pelan-pelan)”. Dalam penelitian ini juga dimasukkan program meditasi  yoga dan olah pernafasan serta test psikologis untuk lebih mencintai dirinya sendiri. 200 orang yang terbagi dua kelompok ini kesemuanya memiliki berat badan yang sama.

 

Tapi tidak disangka setelah 6 bulan berlalu, kelompok diet dengan menggunakan program mindful eating ini justru lebih berhasil dalam menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, ternyata dengan mengunyah makanan dengan perlahan dapat dengan signifikan menurunkan kadar triglyceride yakni lemak dalam darah dan HDL (kadar kolesterol baik).

 

Tidak hanya itu, hasil dari kebisaan mengunyah makanan dengan perlahan ternyata juga bisa mengubah pemikiran tentang makanan. Mereka lebih memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan dan membatasi kalori sehingga hal ini membuat mereka makan dengan porsi yang lebih sedikit. Kebiasaan mengunyah makanan secara pelan-pelan ternyata dapat menjaga kadar gula darah dan menurunkan potensi resiko terserang penyakit, hal itu dikarenakan system metabolisme lebih terjaga.

Baca Juga:  Anda Lansia? Ketahui Manfaat Dan Resiko Mengkonsumsi Daging

 

Jadi, ada kalanya kita mengunyah makanan sebanyak 33 kali kunyahan setiap suap makanan. Tapi jika anda merasa tidak bisa, cukup anda lakukan dengan pelan-pelan dan buatlah menjadi sebuah kebiasaan baru. Agar tubuh dan kesehatan anda terjaga karena bila mengunyah makanan dengan perlahan makan system pencernaan terjaga, pikiran tenang dan sehatlah yang kita dapatkan.

Check Also

Apa Itu Diet Sirtfood

Kenali Apa Itu Diet Sirtfood, Kali Aja Kamu Cocok

Diet merupakan upaya yang dilakukan untuk menurunkan berat badan maupun untuk memperoleh bentuk tubuh yang …