6 Macam Diet Berbahaya Yang Harus Dihindari
6 Macam Diet Berbahaya Yang Harus Dihindari (alodokter.com)

6 Macam Diet Berbahaya Yang Harus Dihindari

Diet merupakan cara menurunkan berat badan yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki berat badan berlebih. Dalam perkembangannya, cara dietpun bermacam-macam. Ada yang menggunakan pil diet hingga mengkonsumsi makanan diet yang disarankan. Akan tetapi, tahukah anda tidak semua diet itu aman bagi kesehatan seperti 6 jenis diet berbahaya berikut ini:

1. Diet dengan jus
Salah satu macam diet jus ini memang menjadi diet favorit bagi sebagian orang bertubuh gemuk. Selain rasanya yang enak, cara penyajiannya pun tidak rumit. Akan tetapi bila diet jus dilakukan tidak dibarengi dengan asupan gizi dan energi yang pas, diet tersebut bisa membuat tubuh kekurangan energi. Alhasil anda akan merasa lemas saat beraktivitas.

Baca Juga:  5 Manfaat yang Akan Kamu Dapat Ketika Konsumsi Buah Strawberry

2. Diet dengan es batu
Cara menurunkan berat badan menggunakan metode diet es batu saat ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Dalam diet ini, mereka umumnya harus mengkonsumsi kurang lebih satu liter es batu setiap hari. Memang cara tersebut sangat ekstrim. Bayangkan saja bila anda mengkonsumsi es batu dalam jumlah tersebut, kemungkinan gigi akan mengalami pengeroposan. Untuk itu, bila tidak ingin gigi anda ngilu sebisa mungkin hindarilah jenis diet berbahaya ini.

3. Diet dengan kapas
Salah satu jenis diet berbahaya selanjutnya ialah diet dengan kapas. Meski berbahaya, diet ini banyak dilakukan para wanita yang ingin mendapatkan tubuh langsing secara instan. Dalam diet kapas ini, orang yang melakukan diet harus mengkonsumsi kapas yang sudah dicelupkan ke dalam jus

Baca Juga:  Ini Manfaat Sambal Yang Belum Kamu Ketahui

4. Diet tanpa gluten
Diet yang berbahaya selanjutnya ialah diet tanpa mengkonsumsi gluten. Padahal makanan yang tidak mengandung gluten kebanyakan berkalori tinggi. Bagi orang yang menderi suatu penyakit coeliac memang dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Akan tetapi, bagi orang yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut sebenarnya aman bila memakan makanan yang ada gluten didalamnya.

5. Diet dengan pil
Jenis diet berbahaya yang sebaiknya dihindari selanjutnya ialah diet dengan pil. Tidak semua pil diet aman untuk kesehatan organ dalam tubuh. Bahkan bila tidak hati-hati pil diet yang dibeli bisa saja mengandung zat kimia berbahaya.

Baca Juga:  Manfaat Mentimun dari Ujung Kaki Sampai Ujung Rambut

6. Diet dengan cacing pita
Diet yang satu ini juga tidak baik dilakukan. Bayangkan saja bila cacing pita yang bisa tumbuh belasan meter hidup di perut anda. Tentu hal ini sangat membahayakan tubuh karena gizi dari makanan tidak dapat diserap oleh tubuh.

Jadi, beberapa jenis diet berbahaya di atas sebaiknya dihindari demi kesehatan tubuh. Sebaliknya, bila ingin diet gunakan cara diet yang aman dan alami.