Presiden Jokowi Resmikan IPAL Losari Makassar, Ini Penjelasannya

SuaraOne Makassar Sulsel — Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin mendampingi Presiden Jokowi dan beberapa Pejabat Tinggi Negara, meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Losari di Kawasan Metro Tanjung Bunga Makassar pada hari Kamis 22/2/2024

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Thohir,Menteri Pertanian Amran Sulaiman ,Anggota DPR-RI Andi Iwan Darmawan Aras serta lainnya.

Peresmian dilakukan dengan menekan tombol sirene yang menandai pembukaan saluran air serta penandatanganan prasasti.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah mengembangkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) di Kota Makassar sebagai bagian dari Program Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP) untuk meningkatkan pelayanan air limbah terpadu di wilayah perkotaan.

Baca Juga:  Kunjungan Kerja Di Soppeng, Kapolda Sulsel Resmikan Mako Polres Soppeng

Dikembangkannya Sistem Pengelolaan Air Limbah (SPAL) skala perkotaan di Kota Makassar diharapkan dapat mengurangi pencemaran air akibat limbah domestik serta memberikan manfaat tambahan berupa pasokan air bersih untuk penyiraman taman-taman dan ruang publik kota.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

“IPAL Losari, yang dibangun dari tahun 2019 hingga 2023 dengan biaya Rp1,2 triliun, memiliki kapasitas 16.000 m3/hari dan mampu melayani 41.000 kepala keluarga,”kata Jokowi.

Pembangunan SPAL Domestik di Kota Makassar dinilai efektif karena menggunakan sistem Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) untuk mereduksi Biological Oxygen Demand, denitrifikasi, dan mengurangi nitrogen,”katanya lebih lanjut.

Baca Juga:  Percepat Pengerjaan Fisik, Satgas TMMD 118 Kodim Muna Kerahkan Alat Berat

“Dengan beroperasinya IPAL Losari, diharapkan penanganan air limbah semakin terintegrasi,”jelasnya

Dan katanya, Kota Makassar menjadi lebih bersih serta meningkatkan kualitas lingkungan, air tanah, dan air baku, sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat dan produktif.

Lokasi SPALD-T Kota Makassar yang berada di Losari, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran terhadap isu pencemaran lingkungan.

laporan __Alfian
Editor __sandy