Buah Buahan yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi
Buah Buahan yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi (img:honestdocs.id)

Nih, Buah Buahan yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi

Serat merupakan salah satu senyawa penting untuk memelihara kesehatan organ pencernaan serta kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Serat terdiri atas 2 jenis yakni serat tak larut dan serat larut. Serat larut lebih gampang dicerna oleh tubuh, tetapi serat tak larut masih tetap utuh hingga dikeluarkan dari dalam tubuh.

2 jenis serat tersebut bisa mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung, hipertensi dan stroke. Serat banyak terkandung dalam makanan alami seperti: sayuran hijau , kacang-kacangan serta buah-buahan. Dalam artikel ini akan dibahas buah dengan kandungan serat tinggi yang penting anda ketahui, yakni:

Baca Juga:  Wajib Tau, Makanan Pengganti Nasi Yang Menyehatkan

Buah beri
Buah beri terlebih blue berry dan raspberry adalah jenis buah dengan kandungan serat tinggi. Anda bisa mengkonsumsinya dengan es krim maupun yogurt. Tidak hanya tinggi serat, buah beri juga memiliki kadar kalori yang rendah.

Apel
Apel adalah salah satu buah nikmat yang kaya akan manfaat kesehatan. Dengan mengkonsumsi sebuah apel secara teratur maka bisa menghindarkan anda dari berbagai masalah kesehatan hal ini tertuang dalam sebuah ungkapan yakni “an apples a day keeps the doctor away”

Apel adalah buah-buahan yang kaya serat yang ternyata tidak hanya terdapat pada daging buahnya, tetapi pada kulitnya juga. Untuk itu saat memakannya sebaiknya anda tidak mengupasnya. Tetapi jangan lupa mencucinya terlebih dahulu hingga bersih sebelum mengkonsumsinya beserta kulitnya.

Baca Juga:  Ini Alasannya Mengapa Kamu Harus Memakan Buah Pir

Pisang
Pisang adalah buah-buahan yang kaya serat untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Selain itu, pisang juga bagus sebagai sumber energy dalam tubuh kita.

Alpukat
Alpukat tidak hanya mengandung tinggi serat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ia juga mengandung asam lemak dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pir
Pir adalah buah dengan kandungan serat tinggi yang mampu membuat anda merasa cepat kenyang dan bisa menyehatkan pencernaan anda. Anda lebih baik mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

Baca Juga:  5 Manfaat yang Akan Kamu Dapat Ketika Konsumsi Buah Strawberry

Jeruk
Jeruk tidak hanya terkenal dengan buah yang tinggi vitamin C. Ternyata jeruk juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat alami yang terkandung dalam jeruk bisa menghindarkan diri anda dari konstipasi atau sembelit.

Jadi, jangan lupa memasukkan buah-buahan yang kaya serat di atas dalam menu harian anda. Konsumsi buah berserat tersebut dari sekarang supaya anda terhindar dari penyakit stroke dan jantung.