Bukti Keberhasilan Program Ketahanan Pangan, Danrem 174/ATW Dan PJ Gubernur Laksanakan Panen Raya Padi di Lahan Persawahan Si’mbisa

SuaraOne Mappi Papua –Setelah sekian lama penantian dan melakukan perawatan, kini tiba saatnya melakukan Panen Raya Padi di lahan Persawahan Satgas Yonif 125/SI’MBISA yang berada di Kampung Mur, Distrik Nambai, Kabupaten Mappi, Kegiatan Panen Raya Padi ini dilakukan oleh Komandan Korem 174/ANIM TI WANINGGAP Brigjen TNI Agus Widodo. S.I.P., M.Si., dan PJ Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo ST,. MT., beserta rombongan pada hari Senin (12/2/2024).

Panen Raya Padi tersebut merupakan Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. sebagai upaya untuk memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi lokal dalam rangka memperkuat Ketahanan Pangan Nasional.

Dalam sambutannya, PJ Gubernur Papua Selatan menyampaikan apresiasinya terhadap Program kepedulian TNI untuk mengerjakan lahan-lahan tidur, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. Menurutnya, hal ini merupakan suatu terobosan yang sangat luar biasa.

Baca Juga:  Peduli Terhadap Sesama Kapolsek Sabbangparu Polres Wajo Besuk Warganya di Puskesmas

“Sebagai Gubernur, saya mengapresiasi apa yang dikerjakan oleh bapak Danrem dan Dansatgas Yonif 125/SMB beserta seluruh anggotanya ini sudah sangat luar biasa. Diharapkan kolaborasi ini tetap berjalan dengan baik dan produktifitas akan meningkat, sehingga masyarakat di sini keluar dari kondisi sulit,” ucap Gubernur seraya memberikan jempol kepada seluruh anggota TNI yang berada di lokasi kegiatan.

Sementara itu, Danrem 174/ATW dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Panen Raya Padi ini adalah bukti kesungguhan dan kerja keras dalam sinergitas yang tinggi dari seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, yang tentunya akan berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini.

Lebih lanjut Brigjen Brigjen TNI Agus Widodo menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih serta penghargaan yang setingginya atas kesungguhan, kerja keras dan kerjasamanya kepada Satgas Yonif 125/SMB beserta seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, hingga berhasil melaksanakan Panen Raya, sebagai wujud nyata upaya mendukung peningkatan swasembada pangan di daerah ini.

Baca Juga:  Wakapolri Naik Becak Bermotor di Unimed

“Saya berharap pelaksanaan program peningkatan Swasembada Pangan di willayah Papua Selatan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, lewat koordinasi dan sinergitas yang tinggi antara semua unsur baik itu TNI AD, Dinas Pertanian, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat petani sebagai Pahlawan Swasembada Pangan,” demikian harap Danrem.

Dansatgas Yonif 125/SMB, Letkol Inf Ronald Manurung, menambahkan bahwa Satgas Yonif 125/SMB akan terus memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya panen raya padi di Kampung Mur tersebut, diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat wilayah Kabupaten Mappi dalam memanfaatkan lahan kosong menjadi sumber ketahanan pangan masyarakat.” Ujarnya.

Baca Juga:  Rikmin Awal SIPSS TA. 2024, Kabagdalpers Biro SDM Polda Sulsel : Kami Libatkan Tenaga Ahli dan Pengawas Eksternal

Pada kesempatan itu PJ Gubernur Papua Selatan dan Komandan Korem 174/ATW beserta rombongan juga memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada masyarakat. Kegiatan tersebut juga dihadiri Oleh Dr. Ir. Apolo Safanpo ST,. MT(Pj Gubernur Papua Selatan) Beserta Rombongan, Brigjen TNI Agus Widodo S.I.P., M.Si(Danrem 174/ATW), Kolonel Inf Frits WR Pelamonia (Kasrem 174/ATW), Kolonel Inf Ahmad Daud (Kasiops Korem 174/ATW), Letkol Inf Ronald Manurung (Dansatgas Yonif 125/SMB), Letkol Czi Ali Akbar (Dandim 1704/Mappi), Bapak Michael R. Gomar (Pj. Bupati Kab. Mappi) beserta rombingan, Marwan (Ketua Bawaslu), Ketua KPU Kab. Mappi, Para Kepala OPD Kab. Mappi Berserta seluruh masyarakat distrik Nambai.

(Yonif 125)/johank__