Jangan Kaget, ini Alasan Mengapa Dehidrasi Butuh Air
Jangan Kaget, ini Alasan Mengapa Dehidrasi Butuh Air

Jangan Kaget, ini Alasan Mengapa Dehidrasi Butuh Air

Bahaya dehidrasi bagi tubuh. Organ dalam pada tubuh manusia sebagian besar air, selain itu 70% organ ini membutuhkan air untuk bekerja. Jika kalian mengalami dehidrasi berkepanjangan akan mengalami gangguan organ dalam, bahaya dehidrasi bagi tubuh seperti toksin, pengirim nutrisi dan O2 (oksigen), pelumas sendi, serta energi.

Setelah kita mengetahui, jika tubuh manusia di dominasi air, maka kita akan membahas tentang apasaja bahaya dehidrasi bagi tubuh manusia?

Racun yang Menumpuk dalam Tubuh

Bahaya dehidrasi bagi tubuh yang pertama yakni untuk menghindari menumpuknya racun. Saat seseorang mengalami dehidrasi, secara otomatis organ tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal termasuk hati. Dengan begitu racun di dalam tubuh yang harusnya di saring dan dikeluarkan melalui urin atau keringat, semua tidak berjalan seharusnya. Untuk waktu yang panjang racun akan menumpuk pada organ tubuh manusia, sehingga menyebabkan keracunan. Sedangkan bahaya dehidrasi bagi tubuh paling parah bisa kerusakan pada organ tubuh lainnya dan mengakibatkan kematian.

Baca Juga:  Cara Menghindar Penyakit DBD saat Musim Hujan

Gangguan Fungsi Ginjal

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas, dehidrasi bisa menyebabkan gagal ginjal untuk jangka panjang. Namun untuk jangka pendek dehidrasi, bisa menurunkan fungsi ginjal sebelumnya. Sebab kurangnya air membuat ginjal sulit untuk mengatur cairan yang ada dalam tubuh, hasilnya membuat kalian keracunan dari makanan yang sudah di olah.

Kehilangan Kesadaran Mendadak

Apabila kalian mengalami dehidrasi dalam jangka waktu yang cukup panjang, bisa membuat Anda kehilangan kesadaran. Biasanya terjadi pada orang yang melakukan aktivitas berat, namun asupan air dalam tubuhnya kurang.

Baca Juga:  Ini Yang Akan Terjadi Ketika Kamu Malas Minum Air Putih

Resiko Hipertensi

Bagi orang yang kerap kali makan-makanan bersantan, minum alkohol, daging dan seafood. Pada saat dehidrasi resiko hipertensi semakin meningkat, hal ini bisa menyebabkan serangan jantung seperti stroke atau gagal jantung.

Kolesterol Tinggi

Orang yang suka konsumsi makanan junkfood, saat dehidrasi akan cepat menimbulkan kolesterol, terutama yang memiliki bada obesitas. Sebab makanan seperti ini memiliki banyak lemak jenuh, maka membuat lemak jenuh pada darah meningkat drastis.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Cacar Air Dengan Kacang Hijau

Mengingat bahaya dehidrasi bagi tubuh, maka kita harus lebih banyak konsumsi air putih. Salah satunya dengan teori 8 gelas setiap hari.