FORSILADI Kalsel Sambut Pengembangan SDM Tiga Perguruan Tinggi Vokasi Kalselteng

SuaraOne Banjarmasin Kalsel —- Kegiatan Penguatan Ekosistem Kemitraan Untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah sebagai kegiatan bersama Poliban, Politala dan Politeknik Sampit Kalteng, yang selama 2023 berjalan sesuai dengan rencana, untuk menggali permasalahan terkait Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalsel dan Kalteng.

Kemudian persoalan ini dikaji oleh Tim yang berada dalam tiga Perguruan Tinggi Vokasi tersebut, sehingga muncul SDM yang unggul dan berkualitas.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan perhatian dari Ketua Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI) Kalimantan Selatan Dr H Jarkawi MMPd.

Jarkawi menegaskan, dengan SDM yang unggul dan berkualitas, semua potensi dapat dikembangkan dan ini mendorong kemajuan Kalsel dan Kalteng yang ujungnya memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat di dua Provinsi ini.

Baca Juga:  Kapolri Mutasi Tiga Kapolres Jajaran Polda Sulsel, Berikut Daftarnya

“Alam kita di bumi Kalimantan sangat potensial dengan berbagai sumber daya alam yang luar biasa. Ada titanium, emas dan lainnya. Nah, bagaimana berbagai keterampilan dari berbagai lulusan yang sesuai program studi itu hendaknya benar-benar melakukan link kesesuaian,” ujar Jarkawi.

Sehingga kata Jarkawi, begitu lulus, bahkan sebelum lulus dan begitu magang, langsung direkrut oleh Perusahaan yang membutuhkannya. Tidak hanya jadi Karyawan kontrak, bahkan jika terampil, dijadikan sebagai Karyawan tetap.

Terkait Kegiatan Penguatan Ekosistem Kemitraan Untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah sebagai kegiatan bersama, Direktur Poliban Joni Riadi SST MT mengatakan, pihaknya untuk tahun ini baru melakukan Fokus Grup Discussion (FGD) dulu dalam rangka mencari permasalahan apa saja yang ada di Kalsel ataupun di Kalteng terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Kemudian melakukan riset. Untuk Kerjasama ini tidak saja sesama Poliban, tetapi juga kerjasama dengan Pendidikan Vokasi lainnya, Pemerintah Daerah, Industri, Media dan Komunitas.*****juns