Resiko Investasi Bitoin
Resiko Investasi Cryptocurrency

4 Resiko Investasi Aset Crypto Bitcoin

Resiko Investasi Aset Crypto (Bitcoin) – Berbicara tentang investasi tentunya tak lepas dari yang namanya untung dan rugi. Begitupun dengan investasi crypto bitcoin dan sejenisnya. Investasi aset crypto memang lagi naik daun beberapa waktu lalu hingga banyak investor yang beralih ke aset crypto. Tapi selain keuntungan investasi crypto, kamu musti memperhatikan juga resiko investasi crypto bitcoin dan mata uang digital lainnya.

Memang banyak yang dikabarkan sukses dengan investasi bitcoin tapi banyak pula yang kehilangan sebagian bahkan seluruh asetnya gara-gara berinvestasi di aset crypto. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk menginvestasikan dana kamu ke mata uang digital Crypto, silahkan simat resiko apa saja yang selalu mengintai kamu jika investasi bitcoin dan crypto lainnya.

Resiko Investasi Crypto (Bitcoin)

 

1. Mono Teknologi

Investasi bitcoin dan sejenisnya masing-masing memiliki sistem yang berbeda-beda tapi berada dalam satu kesamaan yaitu hanya ada di internet. Tanpa adanya internet maka mata uang digital alias aset kamu akan tidak ada apa-apanya dan itu berarti bisa saja kamu akan kehilangan seluruh aset kamu di crypto. Lain halnya bila kamu berinvestasi di tempat lain seperti emas atau sama perusahaan, kamu masih bisa mendapatkan kembali aset kamu dengan cara menukar atau menjualnya kembali.

2. Fluktuasi

Perlu kamu ketahui bahwa di dunia crypto ada yang namanya fluktuasi harga. Aset crypto bisa mengalami fluktuasi dalam sekejap mata, artinya adalah harga bisa berubah menjadi naik drastis atau turun drastis dalam hitungan detik. Ini salah satu resiko yang paling mengerikan bila dibanding investasi lain.

Maka dari itu, jika kamu pemula di dunia crypto, mestinya kamu banyak belajar tentang bagaimana cara kerja crypto, khususnya bitcoin. Ada baiknya kamu bergabung dengan komunitas trading bitcoin ang ada di dunia offline maupun dunia online seperti grup facebook dan lain-lain.

3. Legalitas

Berbicara tentang investasi, pastinya harus ada legalitas atau semacamnya. Mengutip dari situs cnbc Indonesia, dikatakan bahwa koin crypto kini telah sah dilegalkan dan telah dikonfirmasi oleh Bappetti. Meski demikian, kamu dilarang keras menggunakan mata uang crypto dalam bertransaksi jual beli. Jika kamu terbukti melakukan transaksi jual beli dengan bitcoin maka kamu akan mendapatkan tindak tegas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berdasarkan informasi yang didapatkan tim SuaraOne, mata uang crypto hanya boleh digunakan untuk komoditas dan tidak untuk dipakai transaksi keuangan selain rupiah.

4. Pencurian Aset

Berkecimpung di dunia digital tak pernah lepas dari dunia peretasan. Menurut pendapat dari beberapa ahli, tidak ada sistem digital yang aman 100%. Maka kamu diwajibkan mencari dompet crypto yang aman untuk menyimpan semua aset koin digital. Kemungkinan terjadinya peretasan adalah dikarenakan sistem yang dimiliki oleh penyedia dompet crypto bitcoin kamu memiliki sistem keamanan yang kurang ketat dan masih memiliki banyak kekurangan.

Itulah 4 resiko yang bisa saja terjadi saat kamu memutuskan berinvestasi di dunia cryto. Tapi perlu kamu ketahui bahwa tiada investasi yang tak memiliki resiko, yang terpenting adalah bagaimana cara kita untuk meminimalisir persentasi kerugian jika kita sedang apes. Ingat, hari apes tidak ada dalam kalender manapun yah teman-teman. Salam sukses, Gasspull 😉