Kepsek SMP Negeri 27 Makassar Rilis Prestasi Peserta Didik Selama 2023

SuaraOne Makassar Sulsel—Sepanjang tahun 2023 UPT SPF SMP Negeri 27 Makassar mampu membuktikan diri sebagai sekolah penggerak dengan prestasi yang mengesankan. Hal ini salah satunya dapat dilihat dari tingkat prestasi peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Total 32 juara diraih sepanjang tahun 2023. Dua diantaranya berupa prestasi Nasional yang dipersembahkan dari cabang karate dan pramuka. Sedang Futsal menjadi ekskul penyumbang prestasi terbanyak.

Kepala SMPN 27 Makassar, Nurdin, S.Pd, SH, M. Pd, menyebut adanya perolehan prestasi yang cukup baik selama tahun 2023. “Berdasarkan data prestasi yang ada, tahun 2023 prestasi yang diraih cukup meningkat dan jenisnya juga beragam” tutur Nurdin.

Baca Juga:  BPKAD Janji Cairkan Siltap Akhir Desember 2023, APDESI : Jangan bohongi Kami

Data dari Wakasek Kesiswaan mencatat ekskul Futsal meraih 6 Juara, Pencak silat 4 Juara, Pramuka 4 Juara, Handball 2 Juara, dan PMR 1 Juara. Selain itu prestasi perorangan terbanyak disumbangkan Atlit peserta didik dari cabang Karate Ayaka Arai Armandi, dengan 6 Medali, dan cabang renang atas nama Afisa Nur Amelia dan St. Salsabila Mujahid, 6 medali. Atas prestasinya sebagai atlit 3 siswa tersebut mendapat beasiswa prestasi dari Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Terdapat pula prestasi akademik berupa 1St Winner Karya Tulis Ilmiah dan juara umum II olimpiade informatika. Siswa SMPN 27 juga berhasil meraik Juara II pada lomba senam Dispora Makassar dan Juara II Guru Berdedikasi dari Pemkot Makassar.

Baca Juga:  Anang IWO Sumsel Sukses Koordinatori Nobar KPU Sumsel Bersama Komunitas

Selain prestasi tersebut, SMPN 27 Makassar juga meraih penghargaan sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional dan berhasil menerbitkan 3 buah buku berupa 1 buah buku antologi puisi siswa, 1 buah buku antologi puisi bersama guru, dan 1 buah buku kumpulan artikel bersama tentang kurikulum merdeka.

SMPN 27 Makassar juga mencatatkan capaian program baru berupa Bank Sampah Sekolah, program Buku Literasi Peserta Didik, Jum’at Berkah, Program Tahfidz dan Sholat Dhuha Peserta Didik, Sudut Baca, dan layanan harian UKS melalui ekskul PMR. Terdapat penambahan ekskul baru berupa Paduan Suara Siswa (PSS), Paskibra, Handball, Catur, dan Bulutangkis. Juga special guidance students (siswa bimbingan khusus) seperti Drawing, Komputer, puisi, bahasa inggris. Ekskul tari mencatatkan diri sebagai ekskul dengan event terbanyak. Kemitraan juga lebih berkembang dengan banyak pihak seperti kampus, lembaga belajar, kesehatan, BNN dan lainnya.

Baca Juga:  Gelar Isra Miraj, Personel Bhayangkara Diingatkan Pentingnya Ketakwaan Dalam Bertugas

Uniknya di akhir tahun 2023 SMPN 27 Makassar juga meluncurkan produk hasil workshop guru dan siswa berupa sabun cuci cair dan batangan. Menurut Kepsek produk ini diberi nama Sabun 27. “Ada banyak program yang telah kami laksanakan dan kami berterima kasih kepada peserta didik, guru-guru dan pembina ekskul yang telah bekerja keras sehingga semua prestasi ini dapat diraih” kunci Nurdin.
#humas27___