Tips Berbisnis dan Usaha Orang Jepang
Tips Berbisnis dan Usaha Orang Jepang (binus.ac.id)

Yuk, Intip 6 Tips Sukses Orang Jepang Berikut Ini

Jepang merupakan negara di asia yang mempunyai perkembangan ekonomi yang baik dibandingkan negara lainnya. Hal ini dikarenakan etos kerja masyarakatnya yang begitu bagus. Disertai kedisiplinan, kemandirian, dan kerja keras itulah yang menjadi kunci sukses mereka. Sehingga kesuksesan yang mereka raih patut dijadikan teladan. Berikut ini mari simak 6 tips sukses orang Jepang untuk bisa kita terapkan untuk dapat meraih sukses seperti mereka.

 

  1. Orang Jepang pekerja keras

Tips sukses orang Jepang adalah tingkatan kerja keras mereka yang begitu tinggi. Fakta tersebut berdasarkan hasil riset yang menunjukkan hasil survei lama kerja orang Jepang per tahun mencapai 2.450 jam. Hal itu menunjukkan bahwa orang Jepang memiliki dedikasi tinggi pada pekerjaannya baik secara kualitas dan kuantitas.

 

  1. Orang Jepang merasa malu ketika melakukan kesalahan dan tidak bisa berprestasi

Orang Jepang memiliki sebuah tradisi unik namun sangat bagus untuk meraih sukses yaitu malu ketika melakukan kesalahan dan tidak mampu berprestasi. Bahkan ini juga menjadi kepribadian yang melekat dalam diri orang Jepang sedari dulu.

 

  1. Orang Jepang hidup hemat dan non konsumerisme

Tips sukses orang Jepang yang patut kita adopsi adalah konsep hidup sederhana dan jauh dari istilah konsumtif. Mereka tetap memanfaatkan kendaraan umum dan gadget lawas milik mereka. Masyarakat Jepang lebih memilih menabungkan uangnya untuk hal yang lebih penting seperti biaya pendidikan, pembelian buku-buku, dan investasi.

 

  1. Orang Jepang suka melakukan inovasi dan melakukan perbaikan

Kenyataan bahwa tidak ada hal yang sempurna dalam hidup ini dan selalu melakukan inovasi serta perbaikan rupanya salah satu tips sukses orang Jepang yang telah diterapkan. Jepang selalu melakukan beragam inovasi untuk mendapatkan pengakuan publik dan terus melakukan perbaikan meskipun sudah mampu menguasai pasar.

 

  1. Orang Jepang selalu pantang menyerah meskipun kesulitan menghalangi

Salah satu hal yang membuat orang Jepang sukses adalah semangat pantang menyerah yang tidak pernah pupus untuk berusaha maju. Hal ini tampak dari kehancuran yang terjadi ketika Hirosima dan Nagasaki dibom hingga melumpuhkan semua sektor. Namun pada kenyataannya mereka tetap semangat untuk kembali membangun negara mereka. Bahkan kini di bidang perekonomian, Jepang menjadi pemimpin.

 

  1. Anak-anak Jepang sudah diajarkan hidup mandiri

Kemandirian merupakan kunci sukses orang Jepang. Bahkan kemandirian sudah mengakar sejak anak-anak. Hal ini terbukti dari kenyataan yang ada, anak Jepang sudah diajarkan membawa sendiri setiap hari 3 tas besar berisi makanan, buku-buku, serta baju ganti mereka ke sekolah. Jadi jika Anda ingin sukses maka tidak ada salahnya mencontoh tips sukses orang Jepang.

 

Banyak hal yang menjadikan Jepang sebagai Negara maju seperti sekarang ini, seperti perbaikan sektor pendidikan, etos kerja, dan kemandirian.