Hindari Kata “Tanggal Tua” dengan Cara Ini
Hindari Kata “Tanggal Tua” dengan Cara Ini (Ovo.id)

Hindari Kata “Tanggal Tua” dengan Cara Ini

Sudah menjadi rahasia umum jika pegawai yang digaji di awal bulan akan mengalami derita tanggal tua. Belum sampai dua minggu, terkadang uang sudah menipis dan bahkan dirasa tak cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir bulan. Nah, jika anda mengalami hal yang sama, cara menghindari kata tanggal tua berikut akan sangat membantu mengelola keuangan bulanan agar tak cepat tongpis alias kantong tipis di tanggal tua.

 

1. Buat catatan pegeluaran
Catatan pengeluaran adalah cara menghindari kata tanggal tua yang paling utama. Sebaiknya, pilah pengeluarkan berdasarkan jenisnya. Alokasikan pengeluaran untuk membayar tagihan (cicilan, listrik, air dan taguhan rutin lainnya), tabungan, me time dan biaya kebutuhan harian.

 

2. Cermat ketika berutang
Cara menghindari kata tanggal tua yang membuat takut membuka dompet diakhir bulan selanjutnya adalah berhati-hati dengan utang. Utang disini berlaku untuk utang secara fisik (utang barang, kredit maupun utang uang kepada orang lain) dan utang secara virtual (penggunaan kartu kredit). Mungkin anda tak akan merasa dampak secara signifikan ketika berhutang, namun beban keuangan akan bertumpuk pada buan berikutnya. Alhasil gaji akan habis lebih dari setengahnya di tanggal muda.

 

3. Bedakan kebutuhan dan keinginan
Seringkali kita tak dapat membedaka antara kebutuhan dan keinginan sehingga sering membeli sesuatu yang seharusnya tak perlu. Jangan pernah memaksakan diri membeli semua keinginan jika nantinya berujung hutang atau menipisnya dompet di tanggal tua. Agaknya anda harus menyeleksi semua keinginan dan hanya membeli barang yang benar benar dibutuhkan saja.

Memang, cara menghindari kata tanggal tua yang terakhir ini sulit bagi sebagian orang. Namun, anda dapat mengatasinya dengan mencari nilai manfaat barang tesebut pada barang lain yang sudah dimiliki sebelumnya. Misalnya, anda ingin membeli tablet untuk mempermudah pengeditan dokumen saat berda diluar ruangan, maka anda perlu membandingkan ulang apakah fungsi tablet untuk mengedit dokumen saat diluar ruangan dimiliki oleh smartphone yang sudah dimilki. Jika smartphone memiliki fungsi tersebut, maka membeli tablet adalah sebuah keinginan dan bukan kebutuhan yang harus dipenuhi segera.

Masih banyak cara menghindari kata tanggal tua selain 3 poin diatas. Namun, pada dasarnya prinsipnya tetap sama yaitu berhati-hati terhadap semua pengeluaran dan mengerem “laper mata” saat awal bulan.