Menciptakan Produk Bisnis yang Ideal? Belajarlah Dari Filosofi Sikat Gigi
Menciptakan Produk Bisnis yang Ideal? Belajarlah Dari Filosofi Sikat Gigi (Freepik)

Ingin Menciptakan Produk Bisnis yang Ideal? Belajarlah Dari Filosofi Sikat Gigi

Lantas bagaimana trik menemukan produk yang ideal? Di sini Larry Page sebagai salah satu pendiri mesin pencari raksasa dunia “Google” akan menjelaskan tentang kriteria produk bisnis terbaik untuk dikembangkan. CEO tingkat dunia tersebut mencontohkan sebuah kriteria yang simpel dan sederhana yakni sikat gigi sebagai pegangan.

 

Filosofi apa dibalik kriteria produk sikat gigi ala Google tersebut? beberapa kriteria produk ideal menurut Google tersebut antara lain:

  1. Memiliki tujuan untuk menjadikan hidup lebih baik
Baca Juga:  4 Hal Ini yang Patut Anda Tiru Dari Walt Disney Dalam Berbisnis

Mengintip sejarah dibuatnya sikat gigi yakni saat produk ini belum diciptakan, untuk membersihkan giginya pada waktu itu manusia memakai aneka jenis benda. Misalnya penduduk bangsa barat yang memakai campuran jelaga dan campuran garam untuk memelihara kebersihan gigi.

Pada waktu itu anjuran untuk memelihara kebersihan gigi memang telah digalakkan, tetapi karena proses pembersihan yang lama dan tidak efektif membuat orang memilih tidak membersihkan giginya. Hal ini secara luas berdampak pada timbulnya banyak penyakit dan kesehatan masyarakat yang tidak dapat terjaga dengan baik.

Lalu keadaan berubah setelah Wiliam Addis mengenalkan sikat gigi yang dapat membersihkan gigi tanpa waktu lama dan banyak biaya. Pelan-pelan dengan niat menciptakan kondisi masyarakat yang lebih baik, akhirnya hingga kini semakin banyak masyarakat yang menggunakan sikat gigi untuk memelihara kebersihan mulutnya.

Baca Juga:  Hindari Kata “Tanggal Tua” dengan Cara Ini

Penjelasan di atas tentunya telah menunjukkan sebuah produk ideal yang dikembangkan pertama kali. Produk bisnis yang ideal harus bertujuan membuat kehidupan lebih baik atau menyelesaikan suatu masalah.

  1. Digunakan secara individual

Tentunya anda tahu betul bahwa sikat gigi adalah produk yang hanya dapat dipakai oleh satu orang (benda individual). Sebab dapat mengakibatkan risiko infeksi silang dari jamur, virus dan bakteri jika dipakai lebih dari satu orang. Itulah kelebihan produk bisnis yang ideal yang dipakai secara individual, dengan jumlah hitungan kita dapat menciptakan produk sejenis untuk jumlah penduduk saat ini atau sekitar 7,3 miliar pasar potensial .

  1. Senantiasa dipakai setiap hari secara rutin
Baca Juga:  5 Prinsip Yang Mengantar Anda Jadi Pengusaha Sukses

Sikat gigi adalah contoh produk terbaik menurut Larry Page karena senantiasa dipakai setiap hari secara rutin, bahkan dalam satu hari bisa digunakan lebih dari satu kali. Sikat gigi menjadi salah satu penemuan paling sukses sepanjang sejarah perkembangan manusia modern sebagai simbol kesadaran untuk hidup bersih.

Alasan tersebut membuat kita disarankan memakai sikat gigi setiap hari. Begitupun kriteria produk bisnis terbaik untuk dikembangkan, dapat anda ciptakan berdasarkan kondisi yaitu disarankan atau dapat dipakai setiap hari.

Dari penjelasan kriteria produk ideal menurut Google di atas sudahkah anda menemukan produk yang ideal untuk anda kembangkan? Jika sudah, tekuni dan kembangkan hingga menjadi sukses di pasaran.