Satgas Yonif 122/TS Mendorong masyarakat adat menyemarakkan Festival Budaya Kabupaten Keerom ke 8

SuaraOne Keerom Papua—- Pemerintah Kabupaten Keerom melaksanakan Festival Budaya Keerom Ke VIII, dalam kesempatan tersebut Dansatgas Yonif 122/TS Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, hadir bersama prajurit dalam mengikuti semaraknya Festival yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Swakarsa, Kabupaten Keerom, Papua, pada Jumat kemarin (24/11/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Keerom Piter Gusbager bersama Direktur Musik, Film dan Animasi Kemenperakraf Indonesia Amin Abdullah bersama Kedutaan PNG untuk Indonesia dan Forkopimda Seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Kemenperakraf RI Sandiaga Salahuddin Uno melalui Vidio mengharapkan semoga Festival Budaya Keerom dapat semakin berkembang dan semakin baik kedepannya sehingga Budaya Keerom dapat terus dijaga dan dikembangkan sebagai jati diri Masyarakat Keerom, Papua dan juga Infonesia pada umumnya.

Sementara itu Bupati Keerom Piter Gusbager menjelaskan bahwa Festival Budaya Keerom Ke VIII harus terus dilakukan perbaikan guna menggali dan menampilkan budaya Keerom.
Ia mengatakan sangat banyak budaya. Seni asli Keerom yang sejauh ini yang belum ditampilkan. Ia mencontohkan ada sekitar 20 Tari budaya yang belum ditampilkan dan baru hanya terlihat satu tarian kepala panjang yang ditampilkan pada saat pembukaan.
“Budaya merupakan jati diri kita sehingga saya mau tahun depan terus dilakukan perbaikan sehingga semua budaya yang ada Keerom dapat ditampilkan dengan baik,”Tegasnya.

Ia juga berkeinginan agar Festival Budaya Keerom juga menghasilkan perputaran perekonomian yang baik. Dimana masyarakat yang menjajakan UMKM nya dapat menjual hasil produknya dengan baik.

Disamping itu Dansatgas Yonif 122/TS Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, pada saat di wawancarai juga menerangkan bahwa dalam meningkatkan seni budaya di setiap daerah sangatlah penting, guna mengabadikan peninggalan budaya luhur setiap daerah.

“Kami dari Satgas Yonif 122/TS juga ikut bergabung apabila masyarakat menampilkan seni budaya di perkampungan yang berada di jajaran Pos Satgas, sebagai penghargaan Peringatan budaya luhur ” Ucap Dansatgas

“Selain itu kami juga kami ikut serta dalam mensejahterakan UMKM masyarakat, dengan memberikan bibit pangan, proses penanaman dan penjualan hasil untuk masyarakat binaan yang ada di tiap-tiap Pos Satgas” Jelas Dansatgas.

johonk___