Karya Bakti TNI Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 Bradjamusti Bersama Warga Bersihkan Sungai di Perbatasan

SuaraOne Kapuas Hulu Kalbar, — Karya Bakti TNI melalui gotong royong dan kerja bakti dalam rangka susur sungai dengan membersihkan tumpukan sampah dan ranting serta semak belukar dilakukan di Desa Badau Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (9/11/2023).
 
Dan SSK 1 Kapten Arm Rizal Karisna mengatakan Karya Bakti pembersihan bantaran sungai ini, untuk membersihkan sampah dan rumput liar yang mengganggu aliran sungai, ini dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya.
 
“Sungai perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, agar tidak terjadi banjir pada saat musim penghujan akibat adanya penumpukan sampah,” ujar dia.
 
Selain itu, lanjutnya, aliran sungai ini juga dibutuhkan bagi para petani untuk mengairi sawah dan biasa di pakai untuk mandi, sehingga perlu adanya perawatan dan pembersihan secara rutin.
 
“Adanya kegiatan Karya Bakti ini sekaligus untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, akan kepeduliannya terhadap lingkungan,” jelas dia.
 
Rizal mengharapkan kegiatan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk terus menerus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.
 
Andi (47)Warga Desa Badau menyampaikan terima kasih kepada anggota satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 / Bradjamusti dalam gotong royong ini.
 
Diungkapkan Andi, memang desa Badau dibersihkan, terutama sungai yang ada sawah yang banyak semak belukar.
 
“Kami perlu desa ini sungai selalu bersih karena ada sawah walaupun ada banjir tapi tidak terendam. Nah Ada Karya Bakti TNI, Alhamdulillah bersih sungai dan terlihat rapi aliran air sungai lancar,” ungkapnya. (Yonarmed 10/Bradjamusti)

Baca Juga:  Bhabinkamtibmas Polsek Sukamaju Konsolidasi Bersama Warga Melalui Gotong Royong Pembangunan Masjid Nurul Yaqin